Ciri-ciri Lowongan Penipuan

Berikut adalah cara mengenali beberapa Modus atau Ciri-ciri Penipuan Lowongan Kerja:
  1. Perhatikan dulu nama PT,perusahaan yang akan dilamar,misal lowongan kerjanya dari perusahaan besar,tapi emailnya gratisan (yahoo,dll) secara logika kan g mungkin, masa perusahaan segede petronas yg notabenya bisa sponsorin team F1 emailnya pake domain yahoo.(G modal)!!!
  2. Cara melamar menggunakan fasilitas hp,jika anda melamar sekarang,dalam hari itu juga anda menerima balasannya,sering SMS calon korbannya (melebihi keadaan yang normal, bahkan calon pelamar sendiri bisa risih dengan seringnya menerima SMS dari perusahaan tersebut). nah di sini ada persaingan diantara mereka sendiri dalam mencari korban. Ini karena, komisi hanya didapat jika bisa berpromosi dan mendapatkan korban baru. Tidak ada korban, tidak ada komisi. Jadi nama pada surat lamaran kerja wajib di cantumkan. Mereka berebutan membuat di info iklan gratis Khususnya di tokobagus.com, dikarenakan situs ini juga gratis, mudah, tanpa verifikasi admin dan lain-lain.
  3. Biasanya di tempatkan di luar pulau/ jauh dari kota.(contoh: perusahaan batubara dll)
  4. Kantor dan alamat pada saat tes wawancara Tidak jelas/tidak sesuai dengan kriteria pekerjaan.
  5. Tidak ada differensiasi seperti pengalaman kerja/jabatan antara lulusan SMA/K, D3, S1, Semuanya punya peluang yang sama. Ini menunjukkan bahwa perusahaan tersebut tidak professional. Ini patut dicurigai, perusahaan tersebut adalah perusahaan abal-abal.
  6. Jangan pernah mau untuk diminta biaya,Komisi/seminar/pembelian produk/biaya travel,dll,(Modus dan alasannya terus berkembang dan memaksa). karena perusahaan yang benar tidak pernah meminta biaya sepersenpun dari calon kariyawan.

TAMBAHAN:

  1. PANGGILAN TES PERTAMA BIASANYA INTERVIEW Kenapa interview? Supaya bisa mempengaruhi atau bahkan menghipnotis korban untuk menyerahkan sejumlah uang dalam proses rekruitment. Kalau tes pertama psikotes ya rugi waktu dan rugi kertas psikotes 
  2. MENGAKU HRD DARI PT ANU DAN TES BUKAN DI PERUSAHAANNYA LANGSUNG biasanya HRD tapi kok kerjanya di ruko? Ya kalo judulnya kantor pusat atau mengatasnamakan yayasan mungkin bukan masalah tapi mereka biasanya mengaku HRD recruitment. Atau yang sudah umum seperti musashi kadang tes bukan di perusahaanya langsung. 
  3. BANYAK PILIHAN PERUSAHAAN BONAFIT DENGAN GAJI YANG WOW Biasanya kalau Yayasan penipu dia akan menawarkan banyak pilihan perusahaan yang besar dengan gaji yang menggiurkan 
  4. BEBAS MILIH WAKTU UNTUK TES Untuk waktu test biasnya kita yang tentukan kalaupun kita telat itu bukan masalah coba kalau perusahaan yang bener telat dateng test itu sudah di suruh pulang atau paling tidak jadi pertimbangan hasil test kita nanti. 

Ciri-ciri Penipuan Lowongan Kerja
Ciri-ciri Lowongan Penipuan


Sebenarnya ada satu lagi yang paling berbahaya dari Ciri-ciri Penipuan Lowongan Kerja yaitu "Calo Loker" sudah banyak banget teman teman yang tertipu oleh calo jadi sebelum memutuskan untuk mendapatkan pekerjaan dari seorang calo lebih baik di teliti lebih dahulu. 

Semoga Bermanfaat

Regards,

Loker Gresik TIM