Loker Gresik Tips |
1. Tinggal dekat dengan kantor / akses mudah
Tinggal di rumah yang jauh dari kantor
membutuhkan usaha yang keras untuk berangkat ke kantor dan pulang ke
rumah. Jika terlalu jauh ditakutkan bisa membuat badan anda capek ketika
sampai di kantor dan ambruk ketika sampai di rumah. Mungkin dengan
memilih lokasi tempat tinggal yang hanya beberapa langkah dari tempat
kerja dapat membuat anda hidup lebih segar tanpa harus memikirkan
perjalanan panjang yang harus ditempuh setiap harinya.
2. Tidak membawa pulang kerjaan
Di rumah adalah waktunya anda
menjalankan hidup sosial, sehingga anda wajib menghindari lembur di
rumah membawa pekerjaan, apalagi melibatkan anggota keluarga untuk
membantu menyelesaikan tugas-tugas dari kantor. Hal ini bisa berujung
pada masalah hubungan sosial dengan isteri/suami, anak, orangtua,
tetangga, dan lain sebagainya.
3. Akrab dengan rekan, atasan dan bawahan kekeluargaan
Jika teman-teman dan atasan di kantor
sudah anda anggap seperti keluarga sendiri, maka anda bekerja bisa jadi
nyaman serta akan saling membantu dan mendukung jika mengalami
kendala-kendala dalam bekerja. Usahakan hubungan anda dengan bos atau
atasan anda akrab dan tidak saling jaim (jaga image) seperti teman atau
orang tua, namun anda tetap hormat kepadanya dan menghormati ketika dia
marah.
4. Bekerja untuk ibadah bukan uang semata
Jangan lupa menjalankan ibadah anda
selama menjalankan berbagai tugas kantor seperti solat wajib, salat
sunat, puasa wajib, puasa sunah, dan lain-lain. Jika anda bekerja ikhlas
demi Allah dan tidak banyak mengharap imbalan yang besar, maka anda
bekerja akan tenang, nyaman, damai, tentram dan tanpa beban.
5. Selalu cari cara untuk mempermudah pekerjaan
Selalu pikirkan cara dan metode baru
yang dapat membuat pekerjaan yang tadinya butuh waktu lama jadi
sebentar. Coba pelajari teknologi-teknologi baru, fitur/rumus office
baru, ikut seminar, coba-coba trial eror, tanya ke senior atau pakar,
dan lain-lain.
6. Mencari peluang kerja lebih enak
Mungkin bisa saja posisi anda saat ini
di kantor tidak sesuai dengan yang anda inginkan secara horisontal.
Misalnya anda suka kerja di lapangan namun anda ditempatkan perusahaan
di balik layar komputer terus-menerus sepanjang hari. Cobalah utarakan
unek-unek anda masalah penempatan dengan bagian hrd, mungkin mereka bisa
membantu. Bisa juga tunjukkan saja kemampuan dan dedikasi anda pada
perusahaan karena bisa jadi jika ada posisi kosong, anda bisa
dipertimbangkan perusahaan untuk naik mengisi jabatan itu.
7. Tidak menggantungkan hidup pada pekerjaan
Jika kondisi perusahaan sedang
gonjang-ganjing, maka anda bisa ikut sport jantung karena berhubungan
dengan kelangsungan hidup anda dan keluarga anda. Tetapi jika anda punya
bisnis lain maka anda bisa tenang walaupun kantor anda mau pailit dan
bubar jalan. Di saat senggang pikirkanlah kira-kira peluang dan usaha
apa yang bisa anda jalankan sesuai dengan modal yang anda miliki. Jangan
takut untuk mencoba jika usaha sampingan yang anda jalani belum
berhasil alias gagal.
8. Isi waktu istirahat/luang dengan yang berguna/bermanfaat
Pada saat jam istirahat jangan
dihabiskan untuk hal-hal yang tidak penting seperti main game sendirian,
nongkrong di warteg, kerja terus, aktivitas pemerah tenaga, dan
lain-lain. Isi waktu senggang di kantor dengan hal-hal yang bisa
mendukung pekerjaan anda seperti tidur siang sebentar, makan-makan
dengan teman sekerja, nbobrol dengan banyak teman, cuci mata,
jalan-jalan, merintis bisnis sampingan, dan masih banyak aktivitas
berguna lainnya.
9. Meninggalkan budaya buruk perusahaan
Kadang ada budaya yang berlaku di dalam
perusahaan yang dapat membuat pegawai tidak nyaman dan bisa membuat
pusing/stress. Contohnya yaitu seperti junior harus hormat dan
menjunjung tinggi senior, membatasi hubungan sosial, pelit mengeluarkan
uang untuk senang-senang pegawai, semena-mena pada pegawai, dan lain
sebagainya.
10. Rajin bercanda
Salama bekerja dan istirahat kerja tidak
ada salahnya anda bercanda dengan orang-orang yang ada di sekitar anda
untuk mencairkan suasana. Selama hal itu dilakukan dalam koridor yang
wajar dan tidak mengganggu pekerjaan, maka bercanda yang sehat
boleh-boleh saja. Banyak bercanda dan tertawa bisa meningkatkan hubungan
pertemanan, menghilangkan beban pikiran, membuat badan dan pikiran jadi
segar, dan lain-lain.
11. Kuasai bidang kerja dan permasalahannya
Pelajari masalah-masalah yang mungkin
terjadi saat anda bekerja, lalu cari tehnik-teknik penyelesaiannya yang
terbaik. Nanti, saat masalah yang telah anda perhitungkan muncul, anda
minimal sudah punya solusi terbaik versi anda yang dapat anda praktekan
tanpa membuang banyak waktu untuk berpikir. Jika pekerjaan yang anda
tekuni telah anda kuasai dari a sampai z, maka anda akan lebih cepat
menyelesaikan pekerjaan dan tidak menuntut banyak pikiran.
12. Mengatasi konflik dengan kepala dingin serta musyawarah
Konflik di kantor adalah hal yang biasa
baik terjadi antara karyawan dengan karyawan maupun antara karyawan
dengan perusahaan. Untuk itulah jika anda sedang berada dalam konflik,
anda harus sesegera mungkin menyelesaikannya dengan win win solution
tanpa kekerasan secara musyawarah. Jika ada masalah selesaikanlah dengan
tenang tanpa emosi agar penyelesaian berjalan tanpa memunculkan masalah
baru.
13. Bawa barang-barang yang anda sukai atau menghibur
Tidak ada salahnya anda membawa bingkai
foto keluarga, boneka kesayangan, pajangan-pajangan unik, aksesoris
lucu-lucu, atk yang unik-unik, majalah hobi, makanan ringan kesukaan
anda, dan lain-lain. Buat senyaman mungkin dengan menyeting tempat kerja
atau ruang kerja anda sesuai dengan apa yang anda mau, tetapi tetap
wajar tidak nyeleneh.
Jika segala macam upaya telah anda
lakukan namun ternyata tidak ada perubahan yang berarti di saat anda
tertekan, maka ada baiknya untuk mulai melirik pekerjaan lain yang
sesuai dengan bakat dan minat anda. Siapa tahu dengan pindah kerja di
tempat yang baru bisa membuat anda bahagia lahir dan batin.
14. Merasa Seperti di Rumah
Memang Anda sedang berada pada ruangan kantor tempat di mana Anda bekerja. Namun, buatlah suasana tempat kerja senyaman berada di rumah sendiri. Buatlah juga atmosfer yang nyaman dan familiar sehingga mempermudah Anda dalam bekerja serta meningkatkan produktivitas. Kebahagiaan dalam bekerja dapat ditingkatkan dengan membawa beberapa benda kesayangan dari rumah.
Misalnya, mengisi vas bunga dengan bunga favorit Anda atau taruh tanaman kecil yang memberikan kesan homey touch untuk suasana yang berbeda. Pajanglah foto teman, hewan kesayangan, anak ataupun keluarga di meja kerja Anda. Letakkan pula beberapa souvenir perjalanan rekreasi yang dapat membuat Anda kembali bernostalgia dan aksesori dengan palet cerah di meja Anda. Yang terakhir, bawalah cardigan atau sweater kesayangan untuk digunakan pada saat ruangan kantor terasa dingin.
15. Beristrahat Di Luar Kantor Sejenak
Simpel namun penting untuk dilakukan, beristirahat sejenak akan membuat perasaan Anda lebih rileks terutama jika dilakukan di luar kantor. Meskipun masih banyak kerjaan yang perlu untuk diselesaikan dan juga tidak mungkin bagi Anda untuk selalu melangkah keluar dari kantor kapanpun Anda merasa bosan, namun udara segar dan sedikit olahraga dapat membantu meningkatkan kepuasan dalam bekerja.
Bahkan jika hanya berjalan mengitari ruangan kantor dan kembali duduk di meja Anda, dapat membuat energi kembali prima, ide kembali berjalan dan darah mengalir lebih lancar sehingga membuat produktivitas dan mood kembali lebih baik dibandingkan sebelumnya. Jika tidak bisa pergi keluar, berjalanlah menuruni tangga, atau mengelilingi ruangan ataupun lakukan strecthing di meja untuk mengembalikan mood seperti semula.
16. Membawa Camilan
Meskipun kantor Anda memiliki cafetaria untuk sekadar tea break ataupun makan siang, membawa camilan sehat dari rumah menghemat uang dan juga dapat meningkatkan mood sehingga lebih baik. Rasa lapar dapat membuat perasaan menjadi buruk. Bagi sebagian orang, rasa lapar dapat membuat mereka menjadi lebih rewel. Jadi pergilah bersama teman kantor Anda untuk melakukan coffee break untuk membuat mood lebih baik.
Atau dapat pula dengan membawa simpel snack yang terdiri dari kacang-kacangan dan biji-bijian seperti campuran dark chocolate chip, cranbeerri kering, dan kismis, lalu buah apel dan juga granola bars. Jika kantor Anda memiliki kulkas, coba bawa low-fat yoghurt dengan topping buah-buahan favorit.
17. Jaga Kerapihan Meja Kerja
Meja kerja yang rapi dapat meningkatkan mood ataupun perasaan senang. Oleh karena itu, rapikan kertas-kertas yang memenuhi meja Anda. Karena jika ruangan ataupun meja kerja berantakan, akan mempengaruhi perasaan orang yang ada pada area tersebut. Rapikan barang-barang yang sudah tidak terpakai semisal memo bulan lalu, pen yang sudah tidak dapat digunakan, buku-buku yang tidak terbaca.
Taruhlah tempat penyimpanan dengan warna yang menarik untuk menyimpan barang-barang yang dibutuhkan. Sediakan juga tempat tissue, screen cleaner untuk komputer, serta hand sanitizer untuk membersihkan tangan sewaktu Anda membutuhkannya. Jika memiliki cukup ruangan, papan tulis kecil juga dapat membantu untuk mencatat pekerjaan yang harus dilakukan agar tidak lupa untuk dikerjakan, dibandingkan jika dicatat pada handphone ataupun gadget kesayangan Anda.
18. Berinteraksi Tatap Muka
Meskipun banyak solusi berinteraksi secara elektronik, namun berinteraksi secara tatap muka tetap saja terasa lebih sering dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Seberapa nyamanpun email, sms ataupun bbm tetap akan meninggalkan perasaan yang hampa karena tidak dapat sebanding dengan berinteraksi secara langsung. Dibandingkan hanya mengirim email pada rekan kerja, lebih baik jika langsung berbicara dan mengobrol dengan mereka.
Menghabiskan waktu dengan rekan kerja akan mempererat ikatan antar sesama pekerja dan meningkatkan mood Anda. Emoticon dan lelucon yang disampaikan pada pesan teks yang Anda kirim, tidak akan sebanding dengan canda tawa yang dilakukan secara langsung. Tentu saja ini juga dapat membuat pekerjaan menjadi lebih menyenangkan.
Editor : Loker Gresik