Bisnis Hotel Sangat Menggiurkan, ini dia langka untuk memulainya!

Bisnis hotel merupakan bisnis yang sangat menggiurkan dan bertahan cukup lama.Salah satu hal yang pasti dari memiliki bisnis hotel yaitu mendapatkan Nilai Jual Hotel Anda yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan modal yang Anda keluarkan pada saat pembangunannya.

Bahkan jika hotel Anda selalu ramai dikunjungi tamu dengan tingkat huni yang cukup tinggi pula maka nilai hotel Anda akan berlipat lipat. Disinilah kuncinya mengapa pengusaha yang sudah memiliki satu hotel dalam waktu yang tidak terlalu lama memiliki hotel baru yang lain.


Langkah-langkah Memulai Bisnis Hotel dibawah ini:


  • Perhatikan Konsep

Jasa seorang arsitek untuk membuat konsep interior hotel bisa Anda pakai, kalau modal Anda memungkinkan. Jika tidak memiliki modal besar, Anda bisa meriset konsep-konsep hotel murah yang sudah ada sebelumnya. Anda bisa riset di internet, bertanya kepada orang yang hobi liburan, atau kerabat terdekat yang suka jalan-jalan, membangun hotel dengan nuansa sederhana, seperti rumah misalnya. Anda dapat pula membuat konsep bangunan hotel dengan konsep minimalis, dipadukan dengan bahan bangunan berupa kayu dan beton.

Perhatikan pula masalah fasilitas dan lingkungan di sekitar lokasi Anda membangun hotel murah ini. Anda dapat menyesuaikan fasilitas dan lingkungan sekitar, menjadi sebuah konsep hotel murah, tapi tidak murahan. Misalkan, jika di lingkungan sekitar ada bukit kecil, Anda bisa menjual view pemandangannya. Anda juga bisa menata taman agar terlihat sejuk dan asri.

Bisnis Hotel Sangat Menggiurkan
Bisnis - Bisnis Hotel Sangat Menggiurkan


  • Perhatikan Lokasi

Lokasi yang aman, nyaman, dan strategis menjadi pilihan Anda untuk membangun hotel murah. Sebaiknya, pilih lokasi sekitar objek wisata yang minim fasilitas hotel murah. Lahan memang menjadi mahal jika ada di lokasi yang strategis. Anda bisa  membangun hotel di lokasi yang jaraknya agak jauh dari objek wisata, tapi diberi petunjuk yang jelas.

  • Perhatikan Fasilitas

Fasilitas yang ditawarkan hotel murah menjadi salah satu daya tarik tamu Anda. Membangun hotel, saat ini tak cukup dengan fasilitas kamar mandi saja. Anda dapat menambah fasilitas lain, seperti restoran kecil, kios, televisi, dan perlengkapan mandi. Anda bisa menambahkan fasilitas berupa AC, WiFi hotspot, dan sarapan. Tentu menambah lagi biaya untuk tamu yang mau menikmati kamar dengan fasilitas tadi.

  • Perhatikan Akses dan Promosi

Akses yang mudah bagi calon tamu Anda, dengan alat transportasi yang mudah ditemui menuju hotel Anda menjadi pertimbangan bisnis hotel murah. Untuk promosi, saat ini lebih efektif melalui online. Anda bisa membuat website sederhana tentang hotel Anda, diberi kisaran harga, fasilitas, dan jenis kamar.

  • Perhatikan Nilai Harga

Pertimbangan harga hotel menjadi pilihan calon tamu. Patokan harga sewajarnya perkamar, dengan jam cek in dan cek out sesuai kemauan Anda. Lewat dari jam tersebut, Anda bisa menagih lagi biaya sewa hotel. Saat akhir pekan, Anda bisa tawarkan harga yang lebih mahal dari hari biasa. Harga sewa juga bisa Anda diskon atau penawaran khusus, di hari-hari spesial. Bisnis Hotel Murah harus mengurus Perizinan Bangunan Hotel dan perizinan kepada beberapa instansi terkait. Tanpa karyawan yang kompeten, bisnis hotel murah Anda juga tak akan berjalan baik. Rekrut karyawan yang kompeten. Berikan pelatihan prosedur hotel Anda.


  • Persiapan Pembukaan Hotel dan Pembukaan Hotel 
Persiapan pembukaan hotel, anda harus menyewa seorang konsultan atau tenaga ahli untuk melakukan rekrutmen pegawai, pembuatan standar operasional & prosedur, training dll. Untuk kebutuhan ini, anda tidak dapat lakukan sendiri kecuali jika anda memang seorang ahli di bidang manajemen hotel dengan pengalaman yang cukup. Setelah hotel anda dibuka untuk umum, anda akan mengalami masa-masa dimana tidak ada tamu yang datang menginap dihotel anda. Dibutuhkan kerja keras dari tenaga pemasaran untuk dapat menghadirkan tamu ke hotel anda sehingga pada tahap awal ini, anggaran pemasaran harus mendapatkan prioritas utama.


Adapted from google search and edited by Administrator

Related Posts

Subscribe Our Newsletter