Benarkah Sakit Mata Bisa Menular?

Loker Gresik Kesehatan - Tidak semua sakit mata menular. Hal ini terkait dengan penyebabnya, sakit mata atau konjunctivitis yang menular yaitu yang disebabkan infeksi virus (viral conjunctivitis) dan infeksi bakteri (bacterial conjunctivitis) sedangkan sakit mata karena alergi dan iritasi tidak menular.

Sakit Mata Bisa Menular
Info Kesehatan - Benarkah Sakit Mata Bisa Menular?

Viral conjunctivitis memiliki ciri-ciri mata berair, gatal, kepekaan terhadap cahaya. Satu atau kedua mata dapat terpengaruh. Sangat menular, dapat menyebar melalui batuk dan bersin. Sedangkan Konjungtivitis bakteri memiliki ciri-ciri cairan mata kental / lengket, berwarna kuning atau kuning-kehijauan di sudut mata (belekan). Dalam beberapa kasus, kotoran mata ini bisa menjadi cukup banyak sehingga menyebabkan kelopak mata lengket dan susah dibuka ketika bangun tidur. Satu atau kedua mata dapat terpengaruh. Menular (biasanya melalui kontak langsung dengan tangan yang terinfeksi atau sesuatu yang telah menyentuh mata).


Bagaimana Cara Mencegah Sakit Mata Tersebut?


Berikut adalah tindakan-tindakan pencegahan sederhana yang dapat kita lakukan yang secara signifikan dapat Mengurangi Resiko Terkena Sakit Mata konjunctivitis:

  • Jangan pernah berbagi barang pribadi 
seperti handuk tangan atau tissu dengan si penderita. Wajib ntuk penderita agar menutup hidung dan mulut saat batuk (bersin).


  • Mencuci tangan 
Ini hal efektif yang dapat mencegah penularan sakit mata. Jadi cucilah tangan menggunakan sabun dan air mengalir sebelum dan sesudah menyentuh area mata. Cuci tangan, terutama setelah menghabiskan waktu di sekolah atau di tempat-tempat umum lainnya.


Adapted from: Google source and edited by Administrator

Related Posts

Subscribe Our Newsletter